Rabu, 14 Januari 2015

PENGERTIAN PUASA WETON - PRIMBON JAWA


 puasa weton ialah puasa pada hari kelahiran anda,sebagai contoh jika anda lahir pada hari senin legi maka anda memulai puasa pada hari sabtu paing sampai dengan selasa paing.Pada hari sabtu puasa di mulai jam 16.30 dan berbuka pada jam 18.00 dan pada hari berikutnya puasa seperti biasa dengan saur dan berbuka seperti puasa romadhon.sebelum puasa di awali dengan mandi kembang liman yang di tambah dengan 7lembar daun ringin dimaksutkan agar jiwa raga kita benar''suci. adapun mantra sebelum mandi kramas ialah: Niat ingsun adus banyu bumi suci sraga suci sukma suci nurkencono katonku nurmuhamad cahyoku lan ngedusi badan sedulur papat kalima pancerku. keturunan wijining awet enom. Allahhuakbar(sambil air siramkan dari atas kepala) Allahhuakbar (sambil air siramkan dari atas kepala) Allahhuakbar (sambil air siramkan dari atas kepala) kemudian jika sudah membaca mantra lalu mandi seperti biasa.

Doa sebelum memulai puasa kelahiran  Niat ingsun pasa ngapit kelahiran kelawan tulung dina telung bengi tanpo ti pati mangan lan ngumbe yen durung kasedya apa sing dadi kasedyaku

 Setiap malam wajib melakukan shalat Hajat dan setelah selesai shalat wajib melanjutkan dengan wiridan. doa wiridnya yaitu: sirulloh , dhat tulloh sipat tullah,khiblat tullah ujud tullah. (100x) Dilanjutkan dengan: kakakng kawah adi ari-ari kakang pembarep adiku ragil pangaribowo,prabowo kumayang jatiku...(100x) tak jalok gawemu,ewang ewangono .......(apa yang di minta.terserah.tetapi mintalah untuk bisa bertemu dengan guru sejati anda sendiri/kumayang jati anda) Dilanjutkan dengan membaca mantra untuk bisa bertemu guru sejati anda: bismillahirohmanirrohim 3x kitab kolo murtape sapa kang kelangan kitab kolo murtape kejobo aku dhewe sing nalikane sun dumunung ing adam wiwit sesasi tumeka sangang sasi ,mboso sun lahir nangis jejeritan golek jimat ingsun pribadi . sapa kang jokuk iku kejaba gusti kang maha agung . mbasa sun di ganti kopek,sun wes lali mula wedarno aku pingin ketemu karo sukma sedjatiku seka ngersane sukma kawekas.3x mantra diatas di baca paling sedikitnya 100x dan kalau mampu baca sebanyak''nya Mantra mandi setelah melakukan puasa weton,melakukan mandi harus tepat pada jam12malam pada hari terakhir puasa niat mandinya adalah sakehek kitab agung kabeh sopo ndelu sapa ngrungu teka welas teka asih kabeh,marang jiwa ingsun ,ana gunung tanpo angin.angin,angin letik untuku syahadat wolu rambutku syahadat sholawat awakku bulu bangah ...(nyiduka ir pertam baca Allahhuakbar,nyiduk kedua baca Allahuakbar,nyiduk ketiga Allahuakbar ,di guyur dari atas kepala ,setelah itu mandi biasa)

pada hari kedua puasa di wajibkan untuk menyiapkan sesaji di dalam kamar,di mulai pada sorehari pukul17.00jangan buang sesaji sampai anda selesai berpuasa. adapun sesaji adalah: - kembang setaman. - 1bubur merah,1bubur putih yang di taruh dalam takir(tempat yng di buat dari daun pisang). - 1cangkir kopi pahit,1cangkir kopi manis,1cangkir teh pahit,1cangkir teh manis. - bakar kemenyan atau dupa.

semua lelaku itu di lakukan sebanyak7 weton atau 7x hari kelahiran dan tidak boleh putus. setelah anda melewati tahapan ini barulah anda boleh mempelajari berbagi ilmu jawa yang ada, di karenakan jiwa dan raga anda sudah siap,dan sedulur papat kalima pancer anda akan menyertai anda membantu serta membimbing anda sehingga setiap ilmu yang ada pelajari dapat berhasil dengan sempurna. biasakan anda untuk senantiasa menyucikan diri dan menjauhi dosa''yang dilarang agama dan memperbanyak ibadah malam serta berserah kepada ALLAH karna itu semua akan membantu , mempercepat anda mendapat tingkatan spiritual yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar