Jumat, 16 Januari 2015

PAKUWON BAYI YANG LAHIR BERDASARKAN WUKU - PRIMBON JAWA

Berikut ini ramalan watak bayi yang di lahirkan dan bertepatan pada wuku sinta.wuku adalah nama sebuah siklus waktu yang berlansung selama 30 pekan.kalau orang jawa manamakanya adalah pawukon.tulisan ini kami kutip darri kitab primbon jawa kuno bataljemur adammakna.

Wuku Sinta.dewane bathara yamadipati,kayune gendayakan,watakke dadi pangaubane wong lara.manuke gagak,watake wruhing wangsit gedhonge neng ngarsa ngetokake donyane,amandi umbul-umbul.watake ono kemulyane.

Wuku sinata wulan karahinan,tan sareh budine,bilahine setengah tuwo tan dermawan.sidekahe sego pulen dandangan beras sepitrah,iwake pindang kebo rego 21 ketheng ajo ngayang.dongane tolak bilahi.

kala ono lor wetan madep ngidul,7 dino ojo marani kolo,sinta patine wong ngawig.

Penerjamah ke bahasa indonesia.

Wuku sinta dewanya batara yamadipati.kayunya gendayana,wataknya jadi tingkah polahnya orang sakit.burungnya gagak,wataknya tahunya wangsit,wataknya ada kamulyaanya.

Wuku sinata adalah bulan kemulyaan,yang baik budinya,wataknya jika berumur setengah tua bisa menjadi orang dermawan,bersedekahlah nasi pulan yang di masak sekitar beras satu fitrah,ikanya pindang kerbau jika membeli jangan pernah di tawar dan doanya tulah bilahi.

Sengkala berada di timur menghadap selatan.7 hari jangan pernah mendatangi sengkala.sinta matinya orang ngawig.(sumber kitab primbon bataljemur adammakna).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar