Jumat, 16 Januari 2015

CARA MENAYUH WESI AJI / PUSAKA - PRIMBON JAWA

Dalam kitab primbon juga di jelaskan.bagaimana cara menayuh wesi aji atau pusaka supaya kita tahu sosok apa yamg menempati isi dalamnya dan petuah atau kegunaan untuk apa pusaka tersebut.dalam kitab primbon kuno halaman 155 No 219 kusus menjelaskan tentang wesi aji atau pusaka beserta cara merawatnya,cara menayuhnya dan berbagai cara lainya yang tidak bisa kami tuliskan satu per satu.berikut ini kami tuliskan cara menayuh wesi aji pusaka menurut primbon dalam dua bahasa.yaitu jawa dan bahasa indonesia yang sudah kami terjemahkan.

Bahasa jawa.
Lakune ngaris lemah mrapat soko lor ngidul.banjur songko wetan mengulon.mantrane: Yahoa.
Ngunus mantrane : iman sari sukma mulya,tinampanan padha sukma,telek erah eraning wesi,ter putih araning wojo,mani rasa araning cahya,wesi pulasani aku njaluk weruh gelem melu aku opo ora.

Wesi aji banjur di kutuki menyan lan kembang.mantrane: wesi pulsani di aturi dahar sego putih gondo arum.sawuse banjur katumpangake ing lemah kang di garis mrapat mujur mengalor lan lemah mau di didekei kembang.sawise sawentoro menit,wesi aji kesarungake dene mbengine,banjur kadedekake ngisor bantal banjur di sareni.

Terjemahan Ke Bahasa indonesia.

Jalanya mengaris tanah seperempat dari timur ke selatan.lalu dari utara ke barat mantranya: Yahoa.
Waktu nancapkan mantranya: Iman sari sukma mulya,tinampanana padha sukma,telek erah-eraning wesi.ter putih araning woja,mani rasa araning cahya,wesi pulasani aku jaluk weruh gelem melu aku opo ora. pusa tadi lalu di asapi dengan menyan dan di taburi kembang yang di mantrai: Wesi pulosani di aturi dhahar sego putih gondo arum.

Lalu pusaka tersebut di taruh di atas tanah yang di garis tersebut seperempat tersebut menghadap timur tanah tersebut di taburi bunga,setelah beberapa menit,pusaka tersebut di sarungkan,lalu malamnya di taruh di atas bantal lalu di tiduri.
(Sumber kitab primbon bataljemur adammakna).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar