Kamis, 15 Januari 2015

ARTI MAKNA MIMPI - PRIMBON JAWA

    MIMPI BERHUBUNGAN DENGAN AIR
Mengambil air wudhu ; baik dan sempurna pekerjaannya. Mencuci muka ; mendapat susah. Mandi  di sumur milik sendiri ; akan sakit karena gangguan makhluk halus. Mandi di sungai yang airnya kering ; rejekinya susah. Menyelam di sungai yang airnya dingin / tidak dapat kembali setelah melompati sungai ; akan sakit keras bahkan dapat meninggal dunia. Menyelam di sungai yang airnya sangat dingin ; akan mengerjakan pekerjaan milik raja/pembesar/penguasa/bos. Hanyut di sungai ; akan menderita kerugian. Hanyut dan masuk ke laut ; memperoleh kesenangan/pekerjaan atau penghidupannya bertambah baik. Berada di laut ; akan memperoleh banyak uang. Menyelam di air keruh ; akan menderita/ akan bertapa. Menyelam di air jernih ; memperoleh kenikmatan. Terjun ke telaga ; memperoleh kesalahan yang besar. Terbenan ke dalam telaga ; diperlukan oleh negara. Berdiri di atas air ; mendapat kesusahan. Berjalan di atas air dengan tidak menginjak air ; akan memperoleh kemuliaan / pangkat. Jatuh ke dalam sumur/sungai ; memperoleh kesusahan/kematian. Berenang di sungai atau laut ; tercapai segala maksudnya. Terbenam di dalam air yang keruh ; pergi dan tak akan kembali. Terbenam ke dalam air yang jernih ; memperoleh harta benda dan ilmu. Disiram dengan air sungai ; memperoleh masalah/perkara. Halaman rumahnya kemasukan air ; kerusakan dan kematian. Merasa berada di laut ; memperoleh uang.

Api, Cahaya, Matahari, Bulan, Bintang, Langit
Melihat bintang ; memperoleh ilmu. Melihat bintang dan turun masuk ke dalam rumahnya ; memperoleh uang dan anugrah. Melihat matahari berjalan ke atas ; tercapai cita-citanya. Melihat matahari dekat dengan rembulan ; memperoleh anak. Melihat badannya sendiri terkena sinar matahari atau rembulan ; akan menjadi kaya. Melihat langit terbelah/pecah ; orang tuanya meninggal dunia. Melihat cahaya ; akan tercapai keinginannya. Melihat api dari jauh ; berusia panjang. Melihat api berwarna hitam ; akan cepat bertemu dengan apa yang dicarinya.  Melihat api berada di dalam rumah ; difitnah. Melihat lidah api tinggi menyala ; berusia panjang. Melihat kukus api ; susah bekerja. Melihat api di kuburan ; berusia panjang. Menyimpan api di sawah ; banyak memperoleh padi. Melihat gelap ; banyak salah/dosa. Melihat kilat menyambar memperoleh pangkat yang mulia. Melihat api turun dari langit dan membakar rumahnya ; memperoleh kekayaan. Melihat rumahnya terbakar habis ; banyak memperoleh rejeki. Melihat kukusan keluar dari rumah ; menderita sakit. Melihat dapurnya terang ; terkenal. Ada gerhana bulan/matahari ; menderita kesusahan/ada raja atau pemimpinan yang  wilayahnya mengalami merusakan. Bulan/matahri turun ke rumahnya ; memperoleh jodoh/anugrah yang besar. Matahari/bulan pecah menjadi dua ; raja/penguasa melawan penguasa. Matahari/bulan yang terpecah dua berwarna hitam ; difitnah orang. Rumahnya kejatuhan bintang kemukus ; beruntung dan memperoleh anugrah. Bulan masuk ke dalam perut ; akan memperoleh anak dan kemuliaan.


Berhubungan Dengan Awan
Merasakan badannya tertutup awan ; maksudnya tercapai. Badan merasakan  di bawa ke atas oleh awan ; selamat. Melihat rumahnya tertutup awan ; tercapai maksudnya. Melihat awan berwarna merah/hitam ; akan mendapat susah. Melihat awan yang jatuh ke desanya ; murah makanan.


Mimpi Berpakaian Sesuatu
Berpakaian tentara ; susah/mendapat celaka. Berpakaian orang miskin ; memperoleh rejeki dan senang. Berpakaian orang mati ; memperoleh pangkat/rejeki. Berpakaian orang yang luhur ; memperoleh uang. Berpakaian mas intan ; akan mendapat susah. Menanggalkan pakaian ; akan kehilangan sesuatu yang berharga. Tertinggal pakaiannya ; kehilangan.

Berkaitan Dengan Gunung, Jurang
Mendaki gunung dengan mudah ; memperoleh rejeki/naik pangkat. Mendaki gunung dengan susah ; memperoleh kesukaran. Merasa berada di puncak gunung ; memperoleh anugrah. Mendaki gunung ; berjumpa dengan saudara/memperoleh kebaikan. Mendaki gunung serta memetik buah ; memperoleh uang. Naik dari tebing jurang ; akan naik pangkat/memperoleh kenikmatan. Melihat tanah/gunung longsor ; kesusahan. Melihat gunung ; dicintai orang yang berpangkat/memperoleh uang.

Tentang Harimau
Melihat harimau yang menggigit ; memperoleh pekerjaan dan akan terpakai. Melihat harimau yang menggoda ; akan mendapat masalah. Melihat harimau masuk ke rumahnya lalu merusak ; desanya akan mengalami kesusahan.

Hubungan Dengan Perasaan
Merasa menang dengan siapa saja ; akan menurunkan putra yang besar pangkatnya. Merasa sakit keras ; memperoleh selamat dan mulia. Merasa pincang ; dihormati dan disenangi orang. Merasa panas ; memperoleh uang yang tetap. merasakan dingin ; akan kehilangan. Tidak merasakan apa-apa/mati rasa ; selamat. Merasakan senang ; akan mendapatkan kesusahan/sakit. Merasakan/terlihat badan menjadi besar ; selamat dan terkabul segala cita-citanya. Merasakan mati ; kehilangan rejeki. Merasa akan meninggal ; panjang usia dan memperoleh rejeki.

Berhubungan Dengan Hujan, Angin
Melihat hujan emas ; akan disenangi banyak orang. Melihat hujan embun ; musuhnya akan membunuhnya. Melihat hujan buah ; menjadi kepala penjahat. Melihat hujan yang lama ; sakit keras. Melihat hujan yang lebat ; akan mendermakan/memberi. Melihat hujan angin ; akan kesusahan. Melihat hujan yang lama lalu berhenti ; akan susah. Melihat taufan ; desanya/wilayahnya akan megalami kerusakan. Melihat angin besar yang datang dari laut ; musuh datang.

Berkaitan Dengan Laut
Mendengar suara menggelegar / gelombang laut ; akan menderita sakit.

Berkaitan Dengan Makan
Makan apem ; memperoleh uang. Makan nasi sayur ; akan sakit. Makan nasi punar ; memperoleh barang. Makan segala yang terasa manis dengan jeruk ; akan sakit. Makan daging lidah ; akan susah. Makan sambil berdiri ; memperoleh banyak uang. Makan daging sapi, kerbau, kambing, babi, ayam ; memperoleh kebaikan. Jika daging yang dimakan masih mentah ; memperoleh banyak uang. Makan bersama raja/pembesar ; memperoleh pangkat yang tinggi.

Berhubungan Dengan Binatang
Merasa menjadi gajah ; banyak memperoleh untung/ilmu. Merasa menjadi burung ; banyak memperoleh untung/memperoleh kepandaian.  Melihat kerbau/sapi yang dinaiki ; memperoleh kepandaian. Melihat sapi yang lepas dari ikatannya dan berlari ; memperoleh rejeki. Melihat gajah ; dirinya akan terpakai oleh raja/pembesar/pejabat. Naik gajah ; dicintai raja/pembesar/pejabat atau tercapai keinginannya. Melihat bangkai gajah ; banyak memperoleh uang. Melihat gajah berjalan di dalam rumahnya ; memperoleh pangkat. Melihat ular yang besar ; tercapai keinginannya. Melihat banyak ular ; berusia panjang. Melihat ular berbisa ; musuhnya mengalami kemenangan. Melihat ayam yang dipotong ; orang tua/saudara akan meninggal. Menyembelih kerbau ; akan memperoleh uang. Digigit binatang ; dicintai banyak orang. Naik kuda ; mendapat kesusahan. Memiliki ayam jantan/jago ; akan memperoleh anak laki-laki. Memiliki ayam yang banyak ; dicintai orang. Menangkap ikan (segala macam ikan) dengan mengunakan tangan ; akan memperoleh uang yang banyak.

Berhubungan dengan Tuhan, Nabi, Bidadari, Sorga, Neraka, Kiamat
Melihat Tuhan ; tercapai maksudnya. Melihat nabi/rasul ; mendapatkan anudrah/sorga. Melihat malaikat/bidadari/nabi Adam ; menjadi pemuka agama, penghulu, spiritual. Melihat sorga ; tercapai maksud dan tujuannya. Melihat/masuk neraka ; kesalahan/berdosa besar. Keluar dari sorga ; hilang dosanya. Melihat akan kiamat ; memperoleh pangkat/tercapai harapannya. Melihat raja ; akan naik pangkat. Melihat penghulu ; akan sakit. Melihat banyak orang ; banyak penyakit dan mahal pangan. Melihat lohmapul/membaca Quran ; memperoleh ilmu. Melihat bunga ; memperoleh kesenangan. Melihat jembatan ; memperoleh pekerjaan. Melihat jembatan yang patah ; anak/cucunya akan meninggal. Melihat banyak kotoran ; akan memperoleh rejeki. Melihat daging sesayatan ; memperoleh kebaikan. Melihat dodot (kain untuk menghadap raja atau menari) kotor ; hatinya tidak enak. Melihat uang dari emas (dirham) ; hatinya panas. Melihat dirham terbelah menjadi dua/sigar ; berkelahi. Melihat pria yang buah dadanya besar dan lebar ; menjadi seorang penghulu. Naik ke meja sendiri / naik ke langit ; memperoleh pangkat.  Naik ke masjid ; memperoleh anugrah. Naik ke loteng ; mendapat pangkat/memperoleh keuntungan.

Berhubungan Dengan Minum Air Sesuatu
Minum air bengawan; memperoleh marah dari tuannya. Minum air kuali/belanga ; memperoleh uang. Minum air jernih ; memperoleh ilmu. Minum air keruh ; memperoleh uang panas/tidak halal. Minum air yang kental ; memperoleh emas/perak/perhiasan berharga. Minum air sungai yang terasa asin ; memperoleh harta/uang yang tidak halal. Minum air susu ; memperoleh uang. Melihat sumur berair jernih lalu diminum ; terhindar dari duka cita dan memperoleh ilmu.

Berkaitan Dengan Rumah, Pintu, Dinding
Melihat rumahnya roboh ; menderita kesusahan. Melihat rumahnya dimasuki oleh sesuatu ; akan mendapatkan saudara yang berpangkat/bertapa dan memperoleh rejeki. Melihat rumahnya ditinggalkan ; dibenci orang. Melihat rumahnya menjadi tinggi ; saudaranya akan memperoleh orang yang berpangkat. Melihat rumahnya meninggi lalu merendah ; akan turun pangkat. Melihat dinding rumahnya di buka ; akan bercerai/berpisah dengan orang tua. Melihat pintu rumah menjadi tinggi dan melebar ; akan memperoleh pangkat/keberuntungan. Melihat pintu rumah yang ditutup ; susah bekerja. Membuat rumah ketiga dan sudah jadi ; akan beristri dan maksudnya tercapai. Melihat pintu rumahnya terbuka ; akan mendapatkan suatu perkara atau akan mengalami kekalahan jika akan berperang/bersaing. Melihat suratan di daun pintu ; badannya sakit. Rumahnya kejatuhan bintang kemukus ; beruntung dan memperoleh anugrah. Disuruh mendiami rumah milik orang lain ; memperoleh pangkat / kedudukan.

Berkaitan Dengan Sumur
Melihat sumur yang berikan ; memperoleh untung. Melihat sumur berair jernih lalu diminum ; terhindar dari duka cita dan memperoleh ilmu. Melihat sumur yang rusak temboknya ; celaka besar.

Berkaitan Dengan Sungai, Telaga
Melihat sungai yang penuh berair ; pergi tetapi tidak kembali. Melihat sungai yang tidak berair ; banyak orang desa yang pindah. Melihat sungai yang sedikit airnya dan jernih ; memperoleh uang. Melihat air yang baru datang mengalir ; memperoleh derajat/pangkat. Melihat telaga yang banyak airnya ; memperoleh pekerjaan. Melihat sungai yang berair deras ; mendapat kabar dari luar negeri. Melihat sungai yang kering pada mulanya lalu berair ; menjumpai masalah. Melihat sungai yang banjir ; memperoleh rejeki.

Tentang Ular
Disembur ular ; mendapat jodoh. Digigit ular ; difitnah orang. Memperoleh puragan ular berbisa ; kurang disenangi istrinya. Melihat dalam lobang ada ular mati / melihat bekas bergantinya kulit ular ; panjang usianya.

Berhubungan Dengan Badan Kita
Memakai bunga ; dicintai orang. Memakai bunga yang harum /minyak wangi ; jika sakit akan lekas sembuh. Kepalanya disiram dengan minyak wangi yang harum baunya ; memperoleh rejeki. Badannya disakiti sendiri ; rahayu / selamat. Badannya menderita sakit ; memperoleh rejeki/kemudahan. Mengadakan selamatan ; jika berspekulasi (termasuk judi) akan menang/beruntung.

Bepergian atau Perjalanan, Berlari, Berjalan
Pergi naik haji ; dapat menjalankan  pekerjaan secara sempurna. Pergi jauh ; mendrita sakit. Pergi jauh tetapi cepat kembali ; rejekinya mudah. Pergi ke pasar ; memperoleh uang/harta. Mimpi berjalan jauh ; akan kehilangan pangkat. Berjalan mengelilingi pagar ; maksudnya gagal tercapai. Berlari dan jatuh ; berhenti bekerja/berhenti dari pekerjaannya.

Berhubungan Dengan Menggali, Tanah
Menggali tanah ; akan bertengkar. Menggali parit ; memperoleh rejeki. Menggali kuburan orang yang telah meninggal ; memperoleh keuntungan karena spekulasi atau berjudi. Meratakan jalan ; kehilangan uang/harta. Meratakan tanah ; mengalami kesusahan.

Badan, Disakiti, Sakit, Menderita
Dirusak/dibuat sakit oleh orang ; menemukan kesulitan. Diikuti oleh wanita ; akan memperoleh keris pusaka. Rambutnya disisir ; akan mengalami kesusahan. Dipukul dengan tonggak kayu ; memperoleh rejeki. Diberi beras ; mendapat halangan besar. Ditempeleng ; memperoleh kesusahan. Dikejar oleh pencuri ; memperoleh uang. Dicaci maki ; memperoleh uang. Dipanggil orang ; memperoleh keuntungan. Jika yang memanggil adalah pembesar yang memakai payung (bergaris) dan mengenakan pakaian kebesaran lalu melambaikan tangan ; akan mendapatkan pangkat yang strategis. Badannya terluka/ada bekas luka ; memperoleh rejeki. Jika badannya dilukai orang ; memperoleh celaka/kecelakaan. Badannya sakit dan bergetar ; bahaya sedang datang menghampiri. Badan banyak kutunya ; jika berspekulasi akan selalu beruntung. Tangannya diletakkan pada orang lain ; dirinya terpakai oleh seorang pembesar. Seseorang meletakkan tangan di kepalanya ; maksudnya akan tercapai. Tangan orang lain di letakkan di badan ; mengalami sakit keras. Badannya diikat ; sakit. Tertangkap oleh musuh ; dikembalikan dari daerah perantauan. Badannya semakin kurus ; mendapat kesusahan. Badannya semakin membesar ; mendapat kemudahan/maksudnya tercapai. Kakinya bergelang perak ; memperoleh keuntungan/kebaikan. Jarinya mengeluarkan darah ; memperoleh uang. Mulutnya berbulu ; memperoleh uang. Kepalanya bertanduk dua ; dihormati orang serta mendapat kemuliaan. Jika bertanduk satu dan runcing ; akan celaka besar. Rambutnya rontog ; mendapat celaka/kecelakaan. Bermimpi cukur rambut ; akan kehilangan harta bendanya. Lepas giginya ; kesusahan/ada saudara dekat akan meninggal dunia. Wajahnya terlihat putih ; mendapat seorang wanita. Didatangi tamu yang sakit  ; memperoleh jalan keluar atau pertolongan dari orang lain.

Berhubungan dengan Perahu/Kereta
Naik perahu ; akan marah/stress berat karena mengalami banyak  fikiran. Naik perahu layar di tengah laut lalu tenggelam ; wilayah/daerahnya akan mengalami musibah atau bencana. Naik perahu layar yang berjalan dengan cepat ; memperoleh kemajuan dalam bidang ekonomi/ memperoleh rejeki. Naik kereta/kereta tersebut masuk ke dalam rumah ; akan menderita kesusahan.

Menungu orang yang meninggal dengan tertawa ; sakitnya akan sembuh. Membunuh orang dengan parang/golok ; jika bersaing/berspekulasi akan menang. Berkelahi memakai senjata melawan wanita ; memperoleh untung. Membagi uang dengan istrinya ; akan bercerai. Memukul istrinya ; akan ada persoalan di dalam rumah tangga. Memukul orang/jelek perkataannya ; akan memperoleh susah. Mimpi sakit keras ; akan selamat dari marabahaya. Tertimpa kayu/kejatuhan kayu ; akan terjadi kerusakan. Menjadi pengantin dengan diiringi banyak orang ; akan meninggal dunia. Jika melihat pengantin yang telah dipertemukan tetapi tidak dengan pengiring dan memakai pakaian kebesaran ; memperoleh anugrah agung.

Berkaitan Dengan Hutan
Keluar dari hutan ; akan kehilangan. Membakar hutan ; meraih kemenangan dalam berperang/berselisih/bersaing. Menebang pohon ; akan menderita sakit. Pohon-pohon yang besar bertumbangan ; menjumpai perkara/wilayahnya mengalami kerusakan.

Perang sabil ; bekerja dengan hasil yang sempurna dan menentramkan.  Shalat sampai selesai ; maksudnya tercapai. Bermimpi menyanyi ; memperoleh kesusahan. Menangis di dalam rumah ; akan memperoleh kesenangan. Menangis di jalan ; akan memperoleh kesusahan. Mimpi bertelanjang ; akan dipermalukan atau menanggung masalah yang membuat malu/aib. Mimpi menari ; akan terkena marabahaya. Meniup seruling ; hidupnya akan tenteram. Makan sirih ; akan mengalami kerusakan. Duduk dalam penjara ; akan hilang kesusahannya. Membuang kotoran/berak ; akan kehilangan barang berharga. Tidur di tanah ; akan memperoleh kesenangan. Merawat orang tua ; memperoleh rejeki. Meletakkan tali secara terentang ; memperoleh rejeki. Memanjat pohon ; akan meninggal dunia. Memetik kelapa ; akan menderita sakit. Barang yang bengkok diluruskan ; akan hilang susah/kesulitannya. Mengambil batu lalu dimasukkan ke dalam rumah ; memperoleh rejeki. Mimpi berjalan dengan wanita yang bukan istrinya ; akan kehilangan sesuatu.

Berkaitan Dengan Pembesar/Penguasa
Bertemu dengan nabi ; akan memperoleh kedudukan/naik pangkat/jabatan.  Jika mimpinya lewat tengah malam ; akan memperoleh kesaktian/ilmu luhur. Berjumpa orang yang belum dikenal ; cita-citanya akan tercapai. Bertemu dengan ayah/anaknya ; memperoleh kebahagiaan. Memperoleh uang ; akan sakit  sambang atau terkena sawan orang mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar