Kamis, 15 Januari 2015

MACAM MACAM PRIMBON JAWA

1. Bekti Jamal :
Primbon Jawa Bekti Jamal ini berisikan ramalan, petung alamat, tumbal kaweruh dan ilmu falak dimana ramalan primbon jawa di sini berisikan cara-cara menghitung waktu dan seluk beluk pengetahuan kejawen.

2. Weda Mantra :
Primbon Weda Mantra merupakan sebuah kitab kejawen yang berisikan tentang pelajaran ilmu gaib, berbagai macam mantra kejawen dan ilmu mistis.

3. Wejangan Wali Sanga :
Primbon wejangan wali sanga berisikan wejangan atau nasehat beserta penjelasan lengkap dari wali sanga (sembilan wali).

4. Mantra Yoga :
Primbon mantra yoga merupakan sebuah kitab yang berisikan kumpulan mantra atau doa-doa kejawen beserta penjelasan fungsinya.

5. Jangka Ranggawarsita :
Primbon Jangka Ranggawarsita merupakan primbon jawa yang berisikan kisah ramalan, penuturan jaka lodhang, perhitungan waktu/masa yang mengacu pada perhitungan masa kaladitha.

6. Primbon Jawa :
Primbon Jawa merupakan kumpulan primbon/kumpulan petuah-petuah beserta penjabarannya. Primbon Jawa inilah yang selama ini banyak dikenal dan beredar di masyarakat modern dimana primbon ini berisikan ramalan praktis hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

7. Sabda Amerta :
Primbon Sabda Amerta adalah primbon yang berisikan ramalan sabda Amerta yang secara khusus memperinci ramalan perhitungan waktu atau hari yang berisikan 7 hari dan 5 pasaran weton. Di dalam primbon sabda amerta inilah sifat-sifat seseorang bisa diramalkan berdasarkan perhitungan waktu lahirnya.

8. Serat Panangguhing Dhuwung :
Primbon Serat Panangguhing Dhuwung berisikan seluk beluk senjata keris dari cara pembuatan, nilai filosofi keris hingga hal-hal mistis magis yang berkaitan dengan senjata keris. Di dalam primbon ini diajarkan cara merawat dan mengisi kedigdayaan sebuah keris.

9. Pustaka Raja :
Primbon Pustaka Raja berisikan tentang doa-doa mantra yoga untuk memperoleh kesaktian. Intinya primbon ini diperuntukan bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu kesaktian dimana di dalamnya berisikan mantra atau doa mistis.

10. Sabda Sasmaya :
Primbon Sabda Sasmaya berisikan 170 sabda nasehat Sasmaya berikut dengan perincian serta penjabaran ke 170 nasehat filosofis Asmaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar